Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

Innovations needed to achieve 7,000 MW geothermal power target: Association
August 12, 2016
Wapres: Elektrifikasi RI Terendah di ASEAN
August 12, 2016
Show all

VIVA.co.id РDirektur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basir mengungkapkan, pihaknya tahun ini  akan mengakuisisi anak usaha PT Pertamina (Persero) di bidang panas bumi, yaitu PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Menurutnya, hal itu merupakan arahan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno.

“Beberapa waktu lalu saya, Bu Rini dan Dirut Pertamina bertemu bersama-sama. Itu arahan dari kementerian BUMN, Jadi kalau ada arahan dari Bu Rini sudah pasti harus dilaksanakan,” kata Sofyan ditemui di sela acara Internasional Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE) 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu 10 Agustus 2016.
Menurutnya, pihaknya akan mencari dana untuk melakukan aksi korporasi tersebut, baik melalui pinjaman dan cara lainnya. Namun, ia enggan menyebut berapa dana yang dibutuhkan perseroan.
“Jangan dibuka harganya dong,” kata dia.
Sofyan menyampaikan, Menteri BUMN, Rini Soemarno menjelaskan akuisisi ini didorong guna mencapai target penggunaan energi panas bumi atau geothermal yang ditargetkan mencapai 7.000 mega watt pada 2025.
“Kan kalau Pertamina dan PLN digabung untuk mengelola PGE lebih besar kemampuannya untuk eksplorasi. Misalnya, kalau swasta kan berat kalau bor tidak ada. Akan berat karena keterbatasan keuangan,” kata dia.

Comments are closed.